Friday, October 1, 2010

Lamb steak with mash potato





   pas ngubek2 freezer baru nyadar kalo ada sisa lamb,jadi deh di buat steak ala kadarnya. pake bahan2 yang ada di rumah aja, cepet,singkat n ga repot semuanya serba fast and easy deh...



ingredient:

2 ptg lamb rump (kalo ga mau pake lamb, bisa di ganti sama beef)
2 buah kentang ukuran sedang
4 sdm keju parut
1 sdm mentega
1/2 cup susu full cream, atau sesuai selera
garam, lada hitam, garlic powder.


method:

steak:
~ lumuri daging dengan garam, lada hitam, dan garlic powder di kedua sisinya. masukan ke dalam oven grill, panggang hingga mateng.

mash potato:
~ cuci bersih kentang, kupas, dan potong menjadi 4 bagian, ini memudahkan penghancuran kentang. rebus. setelah kentang lunak, hancurkan dengan sendok mash, kalo gak ada pake tumbukan ato sendok kuah juga bisa. jerang kentang yang sudah hancur di atas api kecil, tambahkan keju parut, garam, lada , dan susu. aduk terus hingga tercampur rata. jangan sampe gosong yah!! setelah rata matikan api.sajikan dengan mix vegetable dan black pepper gravy ;) 


n.b.
~ kental tidaknya adonan tergantung sama susu yg qta tambahin, kalo susunya di kasi dikit jadinya lebih kental, kalo di kasi lebih banyak, jadinya sedikit lembut dan sedikit encer.
~ kalo mau hasil yang lebih creamy susu bisa di ganti cooking cream, atau 1/4 susu, sisanya cooking cream.
~ kalo pengen steak nya medium well dan dagingnya dengan ketebalan sedang, pemanggangan awal 5 menit dan 2 kali balik.  panas grill nya medium aja, jgn terlalu panes ntr gosong. hehehe. kalo daging yang aga tebal/ tebal untuk medium well, pemanggangan pertama 7 menit, 2 kali balik
~ untuk well done, pemanggangan pertama 10 menit,2x balik. kalo daging terlalu tebal, di panggang 7 menit, 4x balik.
~ kalo daging lamb lebih enak medium well drpd well done untuk fillet, soalnya kalo terlalu mateng daginnya seret ;)



enjoy,
s2 Nee~

No comments:

Post a Comment